Minggu, 08 Oktober 2023

SOAL DAN JAWABAN PTS IPA KELAS 7 SEMESTER 1

 

SOAL DAN JAWABAN  PTS IPA KELAS 7 SEMESTER 1

1. Pada siang yang  cerah , diperkirakan suhu udara pada saat itu 32o C , Bu Tari pergi kepasar untuk membeli kebutuhan  semua anggota kelurganya. Ia membeli 30 kg beras 3 kg gula dan 3 liter  minyak kelapa.. Kemudian bu tari  singgah dirumah temannya yang Bernama Yona yang jaraknya 1,8 km dari rumah keluarga bu Tari. Bu tari mengendarai mobilnya dengan kecepatan 48 km/jam. Setelah 8 menit  beliau sampai dirimah temannya Yona.

Dari narasi di atas jawablah  kelompokkanlah besaran yang terdapat pada narasi di atas sesuai table dibawah ini !

Jawab:

No

Besaran Pokok

Satuan

Besaran Turunan

 Satuan

 

Panjang

‘m

Kecepatan

m/s

 

Massa

‘kg

volume

m3

 

Waktu

s

 

 

 

suhu

K

 


2. . Jelaskan makna dari gambar berikut


 


 Jawab :

1.     a.   Beracun . Zat atau bahan tersebut harus dihindari. Kalau menggunakannya harus menggunakan masker dan pengaman

2.    b.    Iritasi.  Zat atau bahan tersebut dapat membuat benda atau orang yang menyentuhnya mengalami luka iitasi serius sehingga bila menggunakannya harus menggunakan sarung tangan dan masker

3.      c.  Korosif . zat atau bahan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kengikisan atau melepuh , bila menggunakannya harus menggunakan sarung tangan dan masker

3. .    Berbagai alat ukur Panjang  mulai dari meteran gulung, meteran, rol,  jangka sorong dan micrometer scrup. Lengkapilah tabel berikut ini sesuai dengan kalimat diatas!

Jawab :

 

Nama besaran

Nama lat ukur

Panjang tanah

Meteran gulung

Tebal kertas

Micrometer scrup

Panjang kain

meteran

Diapeter klereng

 

4.     Seorang laboran mengukur suhu ruangan dengan Thermo meter ruang Bila anak demam alat ukur suhu yang tepat adalah thermeometer klinis Pabrik baja biasanya menggunakan  termometer  Thermometer Industri (Pirometer ) Untuk mengukur suhu ruangan peleburan baja yang sangat panas.

5. 5.   Tomi menghitung volume sebuah tabung dengan menggunakan rumus V = Luas alas  x  tinggi tabung.Kemudaon tomi hendak menghitung volume sebuah batu  alat ukur apakah yang harus dipergunakn Tomi Gelas Ukur

4   6.    Suatu variabel adalah faktor, kondisi, unsur, yang  dapat berupa angka atau jenis-jenis yang menentukan dalam suatu percobaan. Suatu percobaan  biasaynya  memiliki tiga macam variabel, yaitu  variabel bebas, terikat dan variable control.

 

       7. Bandingkanlah alat-alat laboratorium berikut ini dengan menyebutkan persamaan dan perbedaannya.

a.       Batang pengaduk dan spatula.

Batang pengaduk dan spatula terbuat dari bahan yang sama ada kaca, fiber dan kayu. Perbedaan batang pengaduk berbentuk runcing pada bagian ujungnya sehingga memudahkan untuk mengaduk sedang spatula  berbentuk datar pada bagian tepi sehingga memudahkan untuk mengambil sampel dari medianya.

b.       Gelas kimia dan labu Elemeyer.

Gelas kimi memiliki besar alasa dan permukaan sama sehingga mudah mengisinya. Sedangkan labu Erlenmeyer memiliki leher dan bagian dasar lebih lebar dari permukaan, sehingga aman dgunakan untuk mencampur beberapa zat.

6     8. Mari perhatikan  tahapan dalam merancang suatu percobaan berikut ini ! kemudian urutkan dengan benar !

a. Menuliskan hipotesis atau dugaan sementara hasil percobaan.

b. Mengidentifikasi variabel-variabel terkait dalam percobaan.

c. Mendaftarkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

d. Menentukan tujuan percobaan berdasarkan pengamatan keadaan sekitar.

e. Menuliskan prosedur percobaan.

D – a – b – c - e

9. .       Setiap bahan atau zat memiliki kalor jenis yang berbeda. Satuan kalor jenis adalah  J/kg K atau dalam Joule per kilogram per derajat Celsius [J/ (kg. 0 C)]. Mengapa  bisa sama? Hal ini dikarenakan bahwa perubahan suhu 1 kelvin sama dengan 1 derajat elsius.

 

     10.  Ibu memasak nasi dengan menggunakan rice cooker. Jika masa beras yang dimasak ditambah air sebesar 800 g, kalor jenis air sebesar 4.200 J/kgoC ,  suhu awal air 16 oC, hingga tanak pada susu 90 oC. maka berapakah Kalor yang digunakan ibu ?

  

Dik:  m = 800 g = 0,8 kg

        c   =  4,200 J/kg oC

       ▲T= 74 oC

Dit : Q

Jb.

       Q = m. c. ▲T

         = 0,8 kg. 4,200 J/kg oC. 74 oC

         = 248.640 J

11. Air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup. Jelaskanlah menurut pemahaman kalian, mengapa air akan lebih cepat mendidih jika panci yang digunakan untuk memasak air tersebut dalam keadaan tertutup.

Jawab :

Bila panic terbuka maka Sebagian panas Akan lepas ke udara sehingga air membutuhkan waktu lebih lama mendidih disbanding dengan panic tertutup Hampir seluruh panas terkurung didalam panic yang menyebabkan air lebih ceps mendidih.

       12.  Pada panas Terik ibu hendak membuat minuman dingin untuk rudi dan teman temannya. Ibu menggunakan           200 g air manis panas dengan suhu 90 oC. dan es batu sebanyak 1 kg dengan suhu -10 oC, ( calor jenis  es           2,100 J/kg oC dan kalor jenis air 4,200J/kg oC) Hitunglah suhu minuman dingn yang dibuat oleh ibu !

 Dik: ma = 200 g = 0.2 kg

        Ta = 90 oC

         ca = 4,200J/kg oC

        mes = 1 kg

        Tes = - 10 oC

        ces = 2,100 J/kg oC

Dit : Tc

Jb.

Qlepas  = Q serap

ma. ca. (Ta - Tc)  = mes . ces . (Tc - Tes)

0,2 kg. 4,200J/kg oC . (90 oC - Tc) = 1 kg. 2,100 J/kg oC. (Tc – (-10))

2 . (90 oC - Tc) = 5 . (Tc + 10)

180 - 2 Tc = 5 Tc + 50

180 – 50 = 5 Tc + 2 Tc

130 = 7 Tc

Tc = 130/7

     = 18 4/7 oC   

     13. Diketahui kemampuan muai kuningan dan temabaga sebagai berikut α1 = 0.000015/oC dan  α2 = 0.000017/oC

    Jika sebuah bimetal dibuat dari bahan tembaga dan kuningan, gambarkanlah kemana kelengkungan lempeng       bimetal tersebut.

Jawab :

     Keping bimetal melengkung kearah kuningan karena kemampuan muai kuningan lebih kecil dari kemampuan         muai tembaga




     14. Tuliskan dan jelaskan cara perpidahan panas yang terjadi pada peristiwa angin laut dan angin darat yang terjadi dipantai 

   

        Jawab :

           Pada peristiwa angin laut dan angin darat terjadi perpindahan panas secara konveksi

  Angin darat terjadi karena  darat pada malam hari lebih cepat dingin dari pada udara laut sehingga udara laut     akan naik darat  udara dinging dari daratan bergerak menuju permukaan laut. Sedangkan angin laut terjadi pada sore hari angin laut yang bergerak dari lautan menuju daratan yang serig dimanfaatkan nelayan untuk mendarat dipantai pada sore hari setelah semalaman melaut.

 

    15. Pada suhu 24 oC  satau batang memiliki Panjang 800 cm. Jika muai Panjang aluminum 1,9 x 10-5 / oC. kemudian suhu inaikkan menjadi 90 oC maka  Batang aluminium mengalami pertambahan Panjang sebesar…..                 

            Dik : T1 = 24 oC
         lo =  800 cm = 8 m
         α   = 1,9 10-5 / oC
         T2 = 90 oC
       Dit : ▲l = …….
      Jb.
 
        ▲l = lo. α  . ▲T
              = 8 m . 1,9 10-5 / oC . 66 oC
             = 1003,2 10-5 m
               = 1,0032 10-2 m





Semangat belajar lebih bayak lagi






 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar